Sah atau tidak puasa jika tidak bangun sahur? - MrEjoy

Post Top Ad

ad

May 22, 2017

Sah atau tidak puasa jika tidak bangun sahur?

boleh tak puasa jika tak sahur

Sah atau tidak puasa jika tidak bangun sahur? | Assalamualaikum dan salam sejahtera. Alhamdulilah, masih lagi diberikan kesempatan untuk aku terus menulis. Tinggal beberapa hari sahaja lagi kita bakal memasuki bulan Ramadhan. Alhamdulilah kerana Allah mengizinkan kita untuk merasai lagi bulan yang penuh berkat ini. Ok. Bila masuk bulan puasa, automatik kita akan bercerita mengenai berbuka dan sahur. Dan hari ini, aku nak fokuskan pada cerita sahur di bulan Ramadhan.

Ok. Bila kita bercerita mengenai berbuka puasa, semua orang pun akan berbuka puasa. Macam-macam hidangan ada, hinggakan sampai membazir pun ada. Tapi bila bercerita mengenai sahur, tidak semua orang akan bangun sahur. Sebabnya apa? Sebabnya mereka lebih sayang pada waktu tidur mereka. Persoalannya sekarang sah atau tidak puasa mereka jika mereka tak bangun sahur?

Sah atau tidak puasa jika tidak bangun sahur?.

Yang sebenarnya, aku sendiri pun kadang-kadang terlepas waktu sahur. Boleh dikatakan dalam sebulan tu, banyak kali jugalah tak bangun sahur. Kalau waktu muda dulu, tak bangun sahur ni di jadikan alasan tak puasa.

Eh! Joy, kenapa tak puasa? Ala, aku tak bangun sahur la tadi, tak ada tenaga sebab perut kosong.Itu dulu la, sekarang ni, walaupun tak bangun sahur, puasa tetap puasa ya! Jangan ada yang suka-suka nak tinggal ya! J

Baiklah. Berbalik kepada persoalan Sah atau tidak puasa jika tidak bangun sahur ni tadi, yang sebenarnya dah banyak perkongsian di blog-blog mengenai hal ini. Dan hari ini aku nak kongsikan pula di blog Mrejoy. Harapnya selepas ini semua orang akan jelas mengenai hal ini ya.

"Ini jawapan daripada seorang ustaz mengenai persoalan boleh atau tidak berpuasa jika tak bangun sahur"

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Ada satu pernyataan tentang sahur yang banyak tersebar di masyarakat kita. Pernyataan itu adalah: inti puasa adalah sahur.

Allahu a’lam, dari mana asal pernyataan ini, dan siapa yang membuatnya. Yang jelas, gara-gara pernyataan ‘ngawur’ ini, sebagian kaum muslimin ada yang meragukan keabsahan puasanya karena pagi harinya dia tidak sahur. Sampai ada yang membatalkan puasanya, gara-gara dia tidak sahur. Padahal membatalkan puasa wajib tanpa alasan yang dibenarkan, termasuk dosa besar. Dan tidak sahur, tidak boleh dijadikan alasan pembenar untuk membatalkan puasa.

Untuk itu perlu kita tegaskan dengan setegas-tegasnya, kita tanamkan dalam diri kita – untuk memberikan penekanan – bahwa inti puasa BUKAN sahur. Pernyataan ‘inti puasa adalah sahur’ adalah pernyataan tidak berdasar, dan membahayakan. Sahur hukumnya dianjurkan ketika puasa, namun bukan inti puasa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkan bahwa diantara syarat sah puasa adalah makan sahur. Karena itu, puasa seseorang tetap sah sekalipun paginya tidak sahur.

Dalil tegas yang menunjukkan hal ini adalah hadis dari ummul mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha menceritakan:

دخل علي النبي صلى الله عليه وسلم ذات يوم فقال: «هل عندكم شيء؟» فقلنا: لا، قال: «فإني إذن صائم»

“Suatu hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui kami, dan bertanya, ‘Apakah kalian punya makanan?‘ Kami menjawab, ‘Tidak.’ Kemudian beliau bersabda: “Kalau begitu, saya akan puasa.”. (HR. Muslim 1154, Nasai 2324, Turmudzi 733).

Pada hadis ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi istrinya di pagi hari. Beliau menanyakan kepada istrinya, apakah di rumah ada makanan untuk sarapan. Artinya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memiliki niat puasa ketika itu. Kemudian ketika Aisyah menjawab bahwa beliau tidak memiliki makanan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan puasa. Ini menunjukkan bahwa pada malam harinya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak makan sahur, karena pada malam itu, tidak ada keinginan dari beliau untuk berpuasa. Beliau baru menyatakan berpuasa di pagi harinya.

Allahu a’lam

Dijawab oleh ustadz Ammi Nur Baits

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here